Hubungi Kami

021-7363764
021-7355243
08 5678 19191 (Whatsapp) 0896 7373 8953 (Whatsapp)

Cara Menambah Komponen Gaji

Untuk menambahkan komponen gaji setelah Krishand Payroll telah di-setting sesuai dengan kondisi perusahaan seharusnya dapat dilakukan dengan 3 tahap yaitu :

Misalnya akan ditambahkan komponen Premi Asuransi yang digunakan untuk penghitungan pajak PPh 21 di akhir tahun.

Tahap Pertama : buat terlebih dahulu master dari komponen premi tersebut, dengan langkah sebagai berikut :

a. Pada Menu Utama, pilih dan klik Setup Awal.

b. Pada menu Setup Awal, pilih dan klik Setup Komponen Gaji.

Cara Menambah Komponen Gaji

c. Pada Setup Komponen Gaji, pilih dan klik New.

d. Masukkan Kode, Nama Komponen, Jenis, Sifat dan Kolom Pajak dari komponen tersebut (Contoh seperti pada gambar).

e. Pilih dan klik tombol Close untuk keluar dari menu Setup Komponen Gaji.

Cara Menambah Komponen Gaji

Tahap Kedua : masukkan master komponen premi tersebut ke dalam group komponen yang digunakan, dengan langkah sebagai berikut : 

a. Pada menu Setup Awal, pilih dan klik Setup Group Komponen.

b. Pada menu Setup Group Komponen, pilih kode group yang digunakan pada Pilih Kode. Misalnya akan ditambahkan pada Staff Lapangan.

Cara Menambah Komponen Gaji

c. Setelah Group Komponen yang akan ditambahkan tampil, tambahkan komponen baru tersebut ( Contoh : Premi ) dibagian bawah ( baris kosong ), bagian No Urut dapat diubah jika mau disisipkan. Lakukan hal ini pada Group Komponen yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

d. Pilih dan klik Close untuk menutup menu Setup Group Komponen Gaji.

Cara Menambah Komponen Gaji

 

Tahap Ketiga : masukkan tambahan komponen tersebut ke dalam semua format laporan yang dibutuhkan, dengan langkah sebagai berikut :

a. Pada menu Setup Awal, pilih dan klik Setup Format Laporan.

b. Pada menu Setup Format Laporan, pilih kode format yang akan ditambahkan pada tombol Cara Menambah Komponen Gaji . ( Contoh kasus penambahan Premi akan ditambahkan pada Rekap Gaji Bulanan, maka cari format laporan bulanan yang sering digunakan pada menu Cari Format Laporan. Misalnya format laporan yang sering digunakan setiap bulannya adalah BLN_01 ).

c. Setelah Format Laporan tersebut tampil, masukkan komponen tersebut dimulai dari No Urut, Keterangan, Keterangan Formula ( khusus Jenis Laporan Slip Gaji ), Jenis ( khusus Jenis Laporan Slip Gaji ), THP ( khusus Jenis Laporan Slip Gaji ) dan Kode di bagian sebelah kanan.

 

Contoh : Langkah memasukkan Premi Asuransi seperti berikut :

    • Premi Asuransi akan dimasukkan di bagian mana? Jika Premi Asuransi akan disisipkan maka premi asuransi tersebut akan disisipkan di bagian mana. Misalnya akan disisipkan di bawah Rapel, perhatikan No Urut dari Rapel ( No. Urut 80 ) dan komponen bawahnya ( komponen Gross Income dengan No Urut 90 ) maka Premi Asuransi bisa dibuat antara no. urut tersebut. Tuliskan No. urut di baris yang kosong. Misalnya No Urut dibuat dengan No 85.
    • Tuliskan nama komponen tersebut di bagian Keterangan.
    • Pada bagian Kode sebelah kanan, klik dan cari komponen tersebut.
    • Dikarenakan penambahan dilakukan pada Penghasilan Bulanan, tambahkan komponen tersebut pada bagian Total. ( Misalnya pada contoh ini, ada Gross Income dan Net Income maka komponen Premi harus dimasukkan pada Gross Income dan Net Income.

Cara Menambah Komponen Gaji

 d. Jika mau ditambahkan ke Format Laporan lainnya, ulangi langkah dimulai dari bagian b.

e.  Pilih dan klik Close untuk menutup Setup Format Laporan.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>