Cara Hitung Lembur Karyawan

Cara perhitungan upah kerja lembur sebagai berikut :

  • Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja :
    • untuk jam kerja lembur pertama harus dibayar upah sebesar 1,5 (satu setengah) kali upah sejam;
    • untuk setiap jam kerja lembur berikutnya harus dibayar upah sebesar 2 (dua) kali upah sejam.
  • Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi untuk waktu kerja 6 (enam) hari kerja 40 (empat puluh) jam seminggu maka :
    • perhitungan upah kerja lembur untuk 7 (tujuh) jam pertama dibayar 2 (dua) kali upah sejam, dan jam kedelapan dibayar 3 (tiga) kali upah sejam dan jam lembur kesembilan dan kesepuluh dibayar 4 (empat) kali upah sejam.
    • apabila hari libur resmi jatuh pada hari kerja terpendek perhitungan upah lembur 5 (lima) jam pertama dibayar 2 (dua) kali upah sejam, jam keenam 3 (tiga) kali upah sejam dan jam lembur ketujuh dan kedelapan 4 (empat) kali upah sejam.
  • Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi untuk waktu kerja 5 (lima) hari kerja dan 40 (empat puluh) jam seminggu, maka perhitungan upah kerja lembur untuk 8 (delapan) jam pertama dibayar 2 (dua) kali upah sejam, jam kesembilan dibayar 3 (tiga) kali upah sejam dan jam kesepuluh dan kesebelas 4 (empat) kali upah sejam.

Dasar perhitungan upah lembur

  • Perhitungan upah lembur didasarkan pada upah bulanan. Cara menghitung upah sejam adalah 1/173 kali upah sebulan.
  • Dalam hal upah pekerja/buruh dibayar secara harian, maka penghitungan besarnya upah sebulan adalah upah sehari dikalikan 25 (dua puluh lima) bagi pekerja/buruh yang bekerja 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau dikalikan 21 (dua puluh satu) bagi pekerja/buruh yang bekerja 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
  • Dalam hal upah pekerja/buruh dibayar berdasarkan satuan hasil, maka upah sebulan adalah upah rata-rata 12 (dua belas) bulan terakhir. Dalam hal pekerja/buruh bekerja kurang dari 12 (dua belas) bulan, maka upah sebulan dihitung berdasarkan upah rata-rata selama bekerja dengan ketentuan tidak boleh lebih rendah dari upah dari upah minimum setempat.
  • Dalam hal upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap maka dasar perhitungan upah lembur adalah 100 % (seratus perseratus) dari upah.
  • Dalam hal upah terdiri dari upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap, apabila upah pokok tambah tunjangan tetap lebih kecil dari 75 % (tujuh puluh lima perseratus) keseluruhan upah, maka dasar perhitungan upah lembur 75 % (tujuh puluh lima perseratus) dari keseluruhan upah.

Jika Anda menggunakan software Krishand Payroll, maka pekerjaan perhitungan lembur karyawan semudah Anda tersenyum.

4 comments to Cara Hitung Lembur Karyawan

  • Berman

    Untuk download perhitungan gaji karyawan apakah bisa di download ataukah saya harus beli softwarenya?
    Apabila saya beli softwarenya kemana saya harus beli??

    URGENT,

    Terima kasih

    Berman

  • Murni

    free download cara perhitungan lembur dengan excel, menghitung absensi karyawan dengan excel yang berhubungan dengan perhitungan
    lembur karyawan.
    Tolong dikirimkan ya saya ingin mempelajarinya supaya bisa menyelesaikan pekerjaan saya.

    Terimaksih

  • hermansyah

    mohon dapat dikirimkan aplikasi perhitungan lembur, terima kasih

  • sahat

    mungkin saya bisa dibantu cara pengaturan dan perhitungan lembur tenaga supir (operasional) apakah ada perbedaan dengan staff. kebetulan supir ditempat saya sering mengirim barang ke bandung dan pulangnya bisa sampai pagi (subuh), sehingga bagian finance keberatan membayarkan upah lembur yg melebihi upahnya sendiri. dan bagaimana mengatasi hal ini agar keuangan tidak jebol dan supir juga merasa nyaman.
    thanks
    sahat-tangerang

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>